Selasa, 31 Mei 2016

“MENGENANG SEBUAH KENANGAN”





DAFTAR RIWAYAT HIDUP


 
                  Noviska (Vischal Revolis), 

Lahir di Kota Curup 30 November 1983, sebagai anak kesembilan dari sebelas bersaudara pasangan Bapak H. Revolis Alwi dan Ibu Hj. Harnida.




   PENDIDIKAN
1. Tahun 1997 tamat dari SDN No 101 Perumnas Curup. 
2. Tahun 2000 tamat dari SLTPN 1 Curup. 
3. Tahun 2003 tamat dari sekolah Madrasah aliyah Negeri 1 (MAN 1) Curup.

PRESTASI
1. SD kelas 3 mendapat juara III dalam olahraga Senam Lantai se-Kabupaten Rejang Lebong.
2. SD kelas 4 mendapat juara II dalam olahraga Senam Lantai se-Propinsi Bengkulu .
3. SD kelas 6, juara I dalam lomba Lukis yang bertemakan “Keindahan Alam” tingkat SD se-Propinsi Bengkulu.
4. SD kelas 6, juara II lomba Puisi tingkat SD se-Propinsi Bengkulu. 
5. SLTP kelas 2 mendapat juara II Lomba Melukis dengan bertemakan “Lingkungan Hidup” untuk tingkat SLTP se-Kabupaten Rejang Lebong.
6. Pada sekolah Madrasah Aliyah (MA), mengikuti lomba Karya Cipta Lagu bebas dan mendapat juara I untuk tingkat SLTA se-kota Bengkulu.
7. Tahun 2003 melanjutkan studi di Universitas Negeri Padang dengan masuk melalui jalur Mahasiswa Undangan (PMDK) dan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa dengan mengambil Jurusan Pendidikan Sendratasik  (Seni Drama Tari dan Musik).
8. Pada tahun 2005 bermain sebagai pemusik (Player) dalam karya Drs. Wimbrayrardi, M.Sn yang berjudul  “KURENAH”. 
9. Pada tahun 2007 sebagai pemusik (Player) dalam karya yang berjudul “IOLAH BARUBAH” dengan komposer Cassio Febriano.
10.  Di tahun 2007 sebagai pemusik (Player) dalam karya yang berjudul “RINTIHAN DAN HARAPAN”  dengan komposer Adi Gamri. 
11. Tahun 2007 tergabung sebagai Penata Gerak Tari (Koreografer) bersama Tokoh Dunia Anak Prof. Doc. Suara Pak Tepong (Pungky Nur Madjie), dalam acara HARI ANAK NASIONAL (Semarak Ceria) yang dihadiri  Mentri Sosial Bachtiar Chamsah serta di meriahkan oleh artis-artis dari  ibu kota melalui program Yayasan Peduli Anak Nasional (PENA) yang di selenggarakan di kota Padang (Sumatera barat).
12. Tahun 2008 sebagai PENCIPTA LAGU dan Asistent sekaligus Crew dari Prof. Doc. Suara Pungky Nur Madjie (Pak Tepong) dalam pembuatan Audio Visual dan Video Klip Album Kolaborasi ARTIS PENYANYI dan MUSISI se-Indonesia (Jakarta, Padang, Nganjuk, Tulung Agung, Magetan dan Kediri). 
13. Pada tahun 2009 bermain sebagai pemusik (Player) dalam karya Arancement Yensharti, S.Sn, M.Sn yang berjudul  “To Love You More” dan “Pergi Untuk Kembali”.
14. Tahun 2009 sebagai pemusik (Player) dalam karya yang berjudul “SESAT”  dengan komposer Hario Perdana.

Untuk mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) atau Strata Satu (S1), “Vischal” yang biasa akrab disapa oleh teman-teman sejawatnya akhirnya dapat menyelesaikan masa perkuliahannya di Universitas Negeri padang pada Juni 2009 di Jurusan Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasa Sastra dan Seni (FBSS UNP) serta mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) atau Strata Satu (S1).















The Pianist










Photo Dokumentasi Vischal Revolis.





 


















Photo Dokumentasi Vischal Revolis.

 

















Photo Dokumentasi Vischal Revolis.



 













Photo Dokumentasi Vischal Revolis.









 




















Photo Dokumentasi Vischal Revolis.


 












Photo Dokumentasi Vischal Revolis.
 





















Photo Dokumentasi Vischal Revolis.



 

Photo Dokumentasi Vischal Revolis.
 

Memories 
Angkatan 2003 Jurusan Sendratasik (Musik)



 
 
Photo Dokumentasi Vischal Revolis.





“MENGENANG SEBUAH KENANGAN






 



Oleh :

Noviska
NIM/BP: 42320/2003



JURUSAN PENDIDIKAN SENDRATASIK
FAKULTAS BAHASA SASTRA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI PADANG 
2009





BAB I
PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Penciptaan
Kehidupan manusia tidaklah luput dari berbagai macam persoalan. Masalah selalu datang silih berganti dalam mengarungi kehidupan ini. Baik buruknya nasib atau kondisi yang dialami manusia sudah merupakan jalan hidup yang telah digariskan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu setiap orang dalam hidup ini hendaklah selalu dapat menyadari bahwasanya kita sebagai mahluk ciptaan-Nya bisa menerima takdir yang telah digariskan. Dalam arti kata jika kita mendapat musibah atau cobaan harus mempunyai sifat sabar dan tawakal, sebaliknya jika kita mendapat kebahagian haruslah banyak bersyukur. 
Manusia dalam arti yang sempit telah dilengkapi akal, fikiran dan perasaan oleh Allah SWT. Dengan modal akal fikiran dan perasaan tadi, manusia menjadi makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk-makhluk lain ciptaan-Nya. Dengan kesempurnaan sifat yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia, maka manusia pun dapat berfikir dan berkarya dalam menciptakan  sesuatu hal yang baru. Berkarya adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan seorang pekerja seni.  
Melalui seni setiap orang dapat mengembangkan kemampuan untuk mengekspresikan diri dengan berbagai cara dan media, sehingga dapat menciptakan karya-karya kreatif dan inovatif. Karya seni yang dipertunjukan oleh seniman mempunyai tujuan dan maksud tertentu. Salah satu tujuan yang diinginkan seniman adalah mengharapkan penonton juga dapat merasakan perasaan yang sedang dirasakannya sehingga pada tujuan lain karya seni tersebut dapat mengembangkan sikap toleransi dalam kehidupan masyarakat.
Bagi seorang seniman atau pelaku seni, sesuatu hal atau kejadian yang pernah dialaminya di masa lalu dapat menjadi bahan inspirasi dalam menciptakan sebuah karya seni. Berkarya seni bagi seorang seniman merupakan luapan dan curahan perasaan yang ingin disampaikan dengan rasa seni yang dimiliki. Dengan Seni hidup akan menjadi indah. Itulah sepenggalan kata bijak yang biasa diungkapkan. Seniman membutuhkan seni untuk memenuhi kebutuhan rasanya. Untuk mewujudkan ide kretifitasnya seorang seniman juga harus memiliki keahlian khusus dalam proses mengekspresikan ide-ide atau gagasannya tersebut.
Bagi saya sebagai seorang yang sedang menuntut pendidikan dan bekal ilmu musik merasa tertarik untuk membuat sebuah bentuk ciptaan musik berlatar belakang pada pengalaman masa lalu. Pengalaman yang ingin saya lahirkan lewat karya musik adalah sebuah bentuk ungkapan perasaan yang telah terjadi beberapa tahun silam yaitu 5 tahun yang lalu (2004). Perasaan dan ungkapan yang ingin disampaikan lewat musik merupakan ungkapan perasaan terhadap sebuah peristiwa tragis yang menimpa keponakan saya yang bernama Ade Kurniadi. Ade seorang bocah berusia lebih kurang 9 tahun yang hanyut di sebuah sungai yang jauh dari rumahnya. Ade ditemukan dalam keadaan meninggal setelah 3 hari berturut-turut dinyatakan hilang oleh pihak keluarga. Mendengar kabar tesebut saya merasa shock , merasa sedih, haru bercampur ketakutan seakan-akan tidak kuasa menerima kenyataan yang telah terjadi. 
Penulis sendiri berada dilokasi saat penemuan jasadnya. Tiada kata yang dapat  terucap oleh penulis pada saat itu. Semua badan terasa kaku, rusuh dan hancur, orang yang selama ini di sayangi, kini telah  diam hening terbujur kaku dihadapanku.
Hari demi hari suasana duka dan kesedihan selalu menyelimuti hati penulis. Canda dan tawanya tak dapat lagi bisa didengar nyata seperti dulu. “Semua telah hilang, semua telah sirna”.    
       Disanalah penulis merasakan tentang bagaimana kehilangan orang yang selama ini disayangi dalam hidupnya. Untuk itu penulis berkeyakinan bahwa  mungkin Allah SWT mempunyai maksud dan tujuan tertentu dibalik semua ini. Inilah hidup yang sebenarnya, ada pertemuan dan ada perpisahan, dimana saat rasa sayang itu mulai tumbuh, sangat sulit untuk dilepas. Maka sangat beruntunglah bila seseorang mendapatkan kasih sayang yang “abadi” dari seseorang yang disayanginya, meski semua dibatasi oleh waktu. 
Berdasarkan pengalaman hidup dan bekal ilmu yang saya miliki, maka saya ingin mencoba untuk membuat sebuah komposisi musik dengan judul “Mengenang sebuah Kenangan”. Seperti yang telah disampaikan komposisi ini adalah hasil refleksi pengalaman, pengetahuan dan imajinasinya dalam bentuk karya seni. Untuk mewujudkan ide garapan komposisi secara keseluruhan saya menggunakan media ungkap alat musik modern seperti: Piano, Biola, Keyboard, Gitar Akustik, dan Gitar Bass, serta pemakaian bunyi dari suara Lonceng (sound effec sampling voice) yang diambil dari program musik (FL Studio 8) pada komputer. 
Komposisi ini digarap atau disajikan dengan menggunakan sistem format penggarapan secara instrumental karena semua media ungkap yang digunakan adalah berupa alat musik.
B. Tujuan  Penciptaan
     Penciptaan komposisi ini bertujuan untuk :
1. Membuat sebuah bentuk komposisi musik yang terinspirasi dari pengalaman masa lalu.
2. Membuat sebuah bentuk komposisi musik yang kreatif dan inovatif dengan menggunakan media ungkap alat musik modern.
3. Mengajak masyarakat terutama insan akademis musik untuk menyaksikan sebuah bentuk pertunjukan musik yang dapat  menambah apresiasi mereka pada karya seni mahasiswa Jurusan Sendratasik FBSS Universitas Negeri Padang.
C.   Manfaat Penciptaan
Diharapkan penciptaan komposisi ini bisa bermanfaat bagi setiap kalangan, antara lain :
1. Sebagai bahan acuan bagi masyarakat khususnya bagi mahasiswa    
    JurusanSendratasik yang akan membuat komposisi musik yang bersifat  
    kreatif dan inovatif dengan menggunakan media ungkap alat musik  
    modern.
2. Sebagai sarana pengaplikasian ilmu pengetahuan tentang musik yang telah 
    diperoleh dalam masa perkuliahan.

3. Sebagai salah satu referensi yang dapat dipedomani untuk melihat    
    komposisi musik yang telah diciptakan oleh mahasiswa Sendratsik       
    FBSS UNP.
   4. Memberikan suguhan nilai-nilai musik yang diharapkan dengan  
       terciptanya karya ini bisa menjadi media pelestarian budaya dan hiburan            
       bagi masyarakat luas. 
D.  Tinjauan Sumber
1. Teori Umum
Musik adalah bahasa nurani yang menghubungkan pemahaman dan pengertian antar manusia di sudut-sudut ruang dan waktu, dimanapun kita berada: “Without musiclife would be an error”, kata Nietzsche. Kenyataan ini menunjukkan betapa erat dan lekatnya hubungan antara esensi musik dan sifat-sifat kemanusiaan dalam konteks humanitarian. Musik sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Musik memiliki 3 bagian penting yaitu beat, ritme, dan harmoni” demikian kata Ev Andreas Christanday. Bila dilihat jauh kebelakang, semua pengalaman hidup termasuk masa kanak-kanak, memiliki peranan krusial dalam kehidupan seseorang. Pengalaman ini yang kerap dijadikan symbol dalam mengungkapkan suatu maksud, bahkan juga sindiran.
“Musik mempengaruhi kehidupan manusia, membentuk manusia menjadi sebuah pribadi membentuk sebuah kebiasaan, membentuk masyarakat dan bahkan membentuk sebuah kebudayaan. Musik dapat mengungkapkan isi hati pada saat bahasa manusia tak sanggup lagi mengutarakannya” (Dhani, Art and Figure : 2003).
Seorang pencipta musik memiliki perasaan yang peka dalam menyampaikan musiknya. “apa yang ilmuwan komunikasikan adalah pengetahuan-pengetahuan primer sementara apa yang dikomunikasikan seniman adalah perasaan”, (Harold Gomes Cassidy : 1962). A.C. Morrison mengatakan : Hidup adalah pemahat yg membentuk segala hal yg hidup seniman yg merancang setiap daun dari setiap pohon, yg mewarnai bunga, apel, hutan, dan indahnya bulu burung surga. Hidup adalah pemusik dan telah mengajarkan kepada setiap burung untuk mengalunkan lagu" cintanya, kepada setiap serangga untuk saling memanggil dgn musik suara" yg beragam. Hidup adalah ahli kimia yg memberi rasa pada buah-buahan, dan aroma serta parfum pada bunga mawar.
   2. Teori Khusus          
Seorang pencipta musik dalam melahirkan karyanya harus memiliki keahlian khusus terutama faham dan mengerti tentang bagaimana cara menata atau menyusun musik yang akan diciptakannya. Composer adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut seseorang yang namanya sudah terkenal dalam bidang penataan musik. Untuk memperoleh gelar tersebut, seorang pencipta harus mampu membuktikan dirinya sebagai pencipta dan karya ciptaannya bisa diakui oleh banyak orang yang nantinya bisa dikenal di mata masyarakat dunia. 
     Dari sudut pandang musik Barat sebuah komposisi musik merupakan perwujudan perasaan yang dilahirkan melalui unsur musikal yang terdiri dari irama, melodi dan harmoni. Melodi tercipta dari susunan beberapa nada. Apabila nada disusun dan dirangkaikan dapat membentuk sebuah motif. Dalam sebuah karya lagu motif diartikan sebagai sebuah kalimat musik yang paling kecil dan mengandung atau memiliki arti musikal. 
     Dalam komposisi musik yang digarap secara instrumental motif dapat muncul secara berulang-ulang. Menurut Prier (1996 : 27) ada 7 kemungkinan teknik pengolahan motif yang dapat dilakukan pencipta musik. Teknik pengolahan motif tersebut adalah: ulangan harafiah (mengulang motif yang sama persis), ulangan pada tingkat lain (sekuen), pembesaran interval, pemerkecilan interval, pembalikan interval, pembesaran nilai nada, dan pengecilan nilai nada. Pengulangan motif dapat membentuk sebuah tema musikal. 
     Untuk menganalisis bentuk komposisi yang lebih besar biasanya dilakukan dengan mencari tema utama atau melodi pokok (melodi inti) yang sering atau dominan muncul secara berulang. Tema-tema musikal yang hadir dalam sebuah komposisi musik sangat bervariasi. Dengan jenis tema yang berbeda-beda akan melahirkan rangkaian melodi yang beragam pula.









E.  Rancangan Bentuk Komposisi
    Komposisi ini dirancang dalam I bagian yang mana didalam I bagian itu terdiri atas 3 bentuk utama, dengan menggunakan istilah bentuk I, bentuk II dan bentuk III, antara lain :

>>Alur penyajian bentuk I ( A )
Bunyi Lonceng        Tema I (Piano)         Tema II (Piano)       Tema III (Biola)
       Tema IV (Keyboard String)         Tema V ( Piano)

>>Alur penyajian bentuk II  ( B )
Tema I, Tema II, Tema III dan Tema IV (Permainan Solo Piano)

>>Alur Penyajian bentuk III ( C )
Tema I (Piano) Tema II (Piano) Tema III (Piano dan Biola)      Tema IV (Gitar)         Tema V (Semua Alat Instrumen Bermain Bersama)
       Tema VI ( Solo Piano) Tema VII (Solo Piano) Tema VIII (Solo Piano)      




BAB II
METODE DAN PROSES PENCIPTAAN
A. Metode Penciptaan
            Metode diartikan sebagai suatu cara yang dilakukan seseorang untuk mengerjakan sesuatu. Bagi seorang seniman ada langkah-langkah tertentu yang dapat memudahkan pekerjaaanya. Secara umum metode penciptaan yang digunakan seniman melalui 3 tahapan, yakni : tahapan eksplorasi, tahapan percobaan atau eksperimen, dan tahapan perwujudan karya atau pembentukan karya. 
     1. Tahapan eksplorasi 
           Pada tahap ini penulis melakukan eksplorasi dengan cara mencari bahan-bahan yang dapat mendukung dan menuntun penulis untuk mewujudkan bagaimana bentuk komposisi yang akan diciptakan. Dalam tahap eksplorasi ini penulis juga mencari referensi kepustakaan baik yang bersifat teori ataupun praktek. Pencipta juga melakukan survei pada pemain musik yang akan mendukung dalam perwujudan karya seni ini. Dalam menetapkan pemain pendukung penulis memiliki permainan yang memiliki kemampuan musikalitas yang baik serta memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi agar dapat menampilkan karya ini sesuai dengan harapan pencipta.
           Pencarian materi sebagai referensi kepustakaan dilakukan dengan berbagai cara dan dari berbagai sumber, salah satu sumber yang penting adalah dengan melakukan browsing di internet, tujuannya adalah sebagai salah satu media informasi pendukung dalam proses pencarian data-data dan artikel tentang perkembangan karya-karya musik barat, terutama yang berhubungan dengan kenangan atau memori. Selain browsing di internet, Pencipta juga melakukan pencarian dan pengumpulan data-data melalui berbagai buku-buku yang menyangkut masalah tentang seni yang terdapat di perpustakaan. Dari berbagai sumber data dan artikel tersebut, pencipta banyak sekali menemukan materi-materi yang sangat mendukung proses penggarapan dalam karya seni yang berjudul “Mengenang Sebuah Kenangan” ini. 
Proses dan langkah-langkah kerja yang akan dilakukan pencipta dalam persiapan pada bagian ini antara lain:
1. Mencari serta menetapkan ide dari sebuah karya seni akan digarap antara lain, dengan cara melakukan perenungan serta berimajinasi agar bunyi yang  dihasilkan bisa memunculkan suasana atau gejolak emosional jiwa pencipta terhadap keadaan sekitar dengan cara melakukan eksperimen. Tujuan dari eksperimen itu sendiri merupakan langkah dalam mencari susunan melodi, pola ritem, tempo, dinamik ataupun style musik yang mengarah kepada pembentukan komposisi musik yang diinginkan  pencipta.
2. Setelah itu pencipta akan mencoba untuk menggabungkan dari beberapa unsur element tadi yaitu melodi, ritem, tempo dan dinamik ke dalam bentuk komposisi musik sehingga apa yang diinginkan pencipta sesuai dengan inti dari tema yang akan diangkat. 
     2. Tahapan eksperimentasi
   Dalam tahap ini pencipta akan mencoba untuk mengembangkan ide dan gagasan tentang komposisi musiknya. Berawal dari keinginan untuk menciptakan sebuah karya seni musik yang kreatif dan inovatif tadi, pencipta membentuk karya ini dengan landasan aliran musik barat yaitu perpaduan antara beberapa aliran-aliran musik yang menurut pencipta bisa dijadikan sebagai bahan acuan dalam proses pembuatan dan penggarapan karya ini. 
  Tahap ini merupakan bagian yang paling rumit, persiapan karya dengan segala macam bentuk usaha dalam mendapatkan stuktur bunyi dan nada dari sebuah karya musik. Langkah-langkah kerja yang dilakukan antara lain sebagai berikut:
1. Menyesuaikan bentuk dan jenis alat-alat musik yang mendukung dalam karya ini seperti Piano, Biola, Gitar klasik, Keyboard, dan Gitar Bass elektrik serta pemakaian program teknologi musik seperti FL Studio 8 yang berfungsi sebagai pengganti dari bunyi sound effec suara Lonceng.   Dari berbagai macam alat musik tersebut memiliki fungsi dan pola teknik  cara permainan  yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan bagaimana penggambaran suasana yang diinginkan pencipta.
2. Setelah itu penulis menelusuri bentuk-bentuk pola melodi, ritem,  tempo dan dinamik yang akan digunakan dari setiap bagian-bagian pada karya musik ini.
3. Pencipta melakukan pencocokan dari setiap alat-alat musik yang akan digunakan sehingga sedikit demi sedikit proses pembuatan karya ini bisa berjalan dengan lancar.
     3. Tahapan Perwujudan atau Pembentukan Komposisi
            Berangkat dari eksplorasi ide, penentuan objek, dan pertimbangan bahan, maka pada bagian ini pencipta mencoba untuk memulai dan melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu tahap pembuatan karya. Dalam tahap ini pencipta juga melewati lima tahap  antara lain: 
1. Tahap pertama penulis mencari para pendukung dalam karya musik ini sehingga apabila struktur musik sudah diperoleh maka penulis mudah untuk menuangkan atau menerangkan kepada setiap pendukung karya musik.
2. Tahap kedua penulis mencoba menjelaskan kepada para pendukung tentang ide-ide yang akan dituangkan kedalam karya musik, pemaparan ini dilakukan secara bersama-sama agar pendukung dalam karya ini bisa memahami apa yang akan dilakukan dalam proses latihannya nanti.
3. Dalam tahap ketiga ini, penulis  mencari solusi dan permasalahan-permasalahan yang timbul, dengan cara mendiskusikan kepada rekan-rekan sendratasik dan dosen sendratasik yang bersangkutan dalam proses pembuatan karya ini.
4. Tahap berikutnya dimulai dari proses latihan, penjelasan akan bunyi, tempo, ritem, dinamik dan sebagainya. Disinilah dituntut peran dan pemahaman pemain terhadap alat musik yang akan digunakannya yaitu mencari  perpaduan  dalam rasa musikalisasinya, serta keseriusan dalam proses latihan.
5. Tahap selanjutnya yaitu pematangan dan pemantapan dari setiap bagian-bagian musik yang akan dituangkan kedalam bentuk komposisi karya seni MENGENANG SEBUAH KENANGAN ini, sehingga apa yang diharapkan penulis bisa berjalan sebagaimana mestinya. 
B. Ide dan Konsep Garapan
Mengenang, berasal dari kata awal kenangan, yang menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti sesuatu yang membekas di ingatan (kesan). Sedangkan mengenang berarti membangkitkan kembali dalam ingatan. Kenangan-ingatan, suatu kata yang tak sama tapi bermakna serupa. “Mengenang Sebuah Kenangan” menurut pencipta merupakan suatu keinginan diri untuk membangkitkan kembali bayangan atau ingatan yang telah lama terjadi baik maupun buruk yang membekas dan mempunyai arti dan makna di dalam pikiran pencipta dari orang yang sangat disayangi. 
  “Mengenang Sebuah Kenangan” adalah sebuah karya musik yang diciptakan untuk mengekspresikan ide dan gagasan, konsep garapan dan kreatifitas pencipta melalui media-media musik yang nantinya akan melahirkan suatu bentuk komposisi musik yang bersifat kreatif dan inovatif. 
      Dalam karya ini, pencipta menceritakan dan mengekspresikan rasa yang ada di dalam hati dan pikiran. Dibutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk dapat mengangkat ide menjadi suatu karya yang berarti, sebagaimana dikatakan Kertner (2001), ”kreatifitas adalah usaha menggunakan sesuatu yang baru dan unik berupa produk, objek, proses, atau pikiran”.

Dalam penciptaan karya ini pencipta juga banyak terinspirasi dari karya-karya komposer besar yang telah mendunia, seperti karya-karya besar komposer Wolf Gang Amadius Mozart, Richard Clayderman, Enya dan Yanni. Selain itu penciptaan karya musik ini juga bertujuan untuk menggali apresiasi pencipta sendiri dalam pemahamannya selama ini terhadap bentuk dan jenis aliran-aliran musik. 
C. Jadwal Latihan
          Proses latihan sangatlah penting dalam membuat suatu karya seni yang bertujuan untuk kemantapan, kematangan, keseriusan serta kedisiplinan yang nantinya bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Dalam proses pembuatan dan penggarapan karya seni yang birjudul “Mengenang Sebuah Kenangan” ini, pencipta juga menerapkan tentang bagaimana  menyusun jadwal-jadwal latihan yang baik. Lihat gambar dibawah ini: 

KETERANGAN
Agus  
Sep 
Okt
Nov
Des
Jan
Feb
Mencari ide/ gagasan
-
-
-
-
-
Pengumpulan materi
-
-
-
-
Proses latihan
-
-




D. Penataan Pentas 

           
 

 
                                                                                                                

                                                                                  
                                







E. Pemain Pendukung Karya Seni “MENGENANG SEBUAH KENANGAN”         
1. Dirigen/Conductor Vischal  (Piano)
2. Yunie Anita                              (Biola)
3. Maya                                         (Biola)
4. Shella                                        (Biola)
5. Shelly                                        (Biola)
6. Icha                                           (Biola)
7. Rizky Kenek                             (Biola)
8. Fajrul                                         (Gitar Bass)
9. Arif  H.                                      (Gitar Akustik)
10. Echie                                       (Gitar Akustik)
11. Widho                                     (Gitar Akustik)
12. Demsi                                      (Keyboard)






F.  Struktur manajemen karya seni “Mengnang Sebuah  Kenangan”              
Pelindung : Dekan FBSS
: Ketua Jurusan sendratasik
Pembimbing : Drs. Jagar Lumban Toruan, M.Hum (pembimbing I)
: Yensharti, S.Sn, M.Sn (pembimbing II) 
Ketua : Noviska

Seksi-seksi

1. Pertunjukan  : Hario Perdana, Yunie Anita
2. Stage manejer : Atomo P.
3. Humas dan editor : Romanil Manur 
4. Perlengkapan : Fajrul, Demsi, Widho
6. Sound sistem : Bobby Rara
7. Dokumentasi : Maya, Shella, Shelly
8. Konsumsi :Yunie Anita, Icha
9. Penata panggung : Momon, Arif H.
10. Operator : Melky





G. Sinopsis

Hari ini mengingatkanku pada satu kisah
Yang pernah aku alami
Saat aku mengenal dia
Saat aku melihat senyuman dia
Gelak tawa............. dan canda dia
Itu semua kami lalui bersama

Sungguh.............!! aku tak tahu
Inilah hidup............
Banyak hal yang terjadi
Dari setiap langkah
Dari setiap denyut jantung

Semua tak ada yang tahu
Tak ada............ dan takkan pernah
Ada yang tahu

Aku hanya bisa diam
Dan memejamkan mata
Dan berkata...........
Aku hanya bisa mendo’akannya
Meskipun............. dia telah pergi
Untuk selama-lamanya

Hari ini.....................
Aku akan mempersembahkan
Sebuah kado istimewa
Yang mungkin selama ini
Belum pernah dia dapatkan
Dari seseorang yang menyayanginya
Dan dari seseorang yang telah mengenangnya.........





H. ULASAN KARYA
       Mengenang Sebuah Kenangan yang selanjutnya disingkat MSK adalah komposisi musik yang terdiri dari I (satu) bagian yang didalamnya terbagi atas III (tiga) bentuk, yakni: bentuk I, bentuk II, dan bentuk III. Setiap bentuk merupakan penggambaran musikal terhadap suasana dan kejadian yang berbeda-beda. Penggambaran setiap suasana berangkat dari sebuah bentuk pengolahan motif. Motif digabung menjadi sebuah rangkaian melodi utama atau melodi inti yang disebut juga dengan sebuah tema musik yang menjadi pokok perhatian garapan. Tema-tema atau melodi utama yang muncul pada setiap bagian komposisi ini diolah menggunakan teknik pengolahan motif secara sekuen, penggunaan not hias atau ornamentasi seperti appogiatura ganda (scheifer), modulasi, nada-nada kromatismelodi yang  saling mengisi (Filler) dan teknik arpeggio. Sedangkan untuk mengekspresikan wujud melodi yang diharapkan pencipta menggunakan tanda ekspresi seperti : staccato, aksentuasi, teknik sustain (bunyi dipanjangkan). Untuk mengekspresikan dinamika musik pencipta menggunakan tanda dinamik anatara lain,  pp: pianissimo (sangat lembut), p: piano (lembut)mp: mezzo piano (sedang atau setengah lembutnya) mf: mezzo forte (sedikit atau setengah keras)ff: fortissimo (sangat keras)fff: fortissimo assai (sekeras mungkin). Untuk lebih jelasnya gambaran komposisi bagian perbagian akan diuraikan satu persatu.



A. Bentuk I  
        Pada bagian pertama komposisi ini pencipta bercerita tentang kenangan indah yang pernah pencipta rasakan atau alami bersama keponakan (alm. Ade). Dalam penggambaran suasana ini pencipta memulainya dengan membunyikan (suara) Lonceng yang diperdengarkan dalam durasi not penuh (whole note) selama 5 birama pertama, kemudian berhenti atau diam sampai habis komposisi disajikan. Penggunaan suara Lonceng dimaksudkan untuk membuat suasana mengheningkan cipta beberapa saat sebelum timbul atau munculnya response musikal yang dikeluarkan melalui dentingan piano yang pencipta mainkan sendiri.
        Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya komposisi ini terwujud dari rangkaian motif yang membentuk sebuah tema atau melodi pokok. 
Lihat contoh potongan melodi dibawah ini: 

Motif tersebut diolah dengan menggunakan teknik sekuen turun sehingga membentuk melodi pokok atau melodi inti dengan menggunakan istilah tema I (satu). Tema satu ini dimainkan secara tunggal (solo) oleh Piano sebanyak 8 birama dengan mengulang secara repitisi ( persis sama). Kemudian muncul lagi melodi atau tema II yang masih dimainkan secara tunggal oleh Piano, tema II merupakan kelanjutan kalimat frase dari tema I tetapi dalam pengolahannya pencipta tidak menggunakan bentuk motif pada tema I. Pengolahan motif tema II ini terbentuk dari pengulangan motif (lihat potongan melodi dibawah ini):


Motif tersebut diolah menjadi rangkaian melodi sebanyak 16 biramaa. Selanjutnya muncul tema III yang dimainkan oleh instrumen biola yang berperan sebagai pembawa melodi pokok. Tema III merupakan rangkaian melodi yang terbentuk dari pengolahan motif tema melodi inti. Lihat potongan melodi dibawah ini:
                                                          yang di garap sebanyak 28 birama. 

B. Bentuk II
        Dalam komposisi bagian II ini pencipta ingin menggambarkan suasana atau keadaan dimana pencipta tidak menyangka bahwa seseorang yang selama ini begitu dekat dan sayangi begitu cepat dipanggil oleh yang Maha Kuasa dengan cara yang tidak pencipta bayangkan sebelumnya. Almarhum menemui ajalnya hilang atau hanyut di sungai sehingga pencipta merasa sangat terpukul dan tidak menerima kenyataan bahwa orang yang pencipta sayangi telah tiada dan pencipta merasa sedih dan penasaran dengan kejadian ini.
        Pada bagian ini pencipta menggambarkan luapan emosi pribadi merasa kesal dan menyesalkan kejadian ini melalui ekspresi tubuh dalam permainan secara solo sampai habis bagian II. Dengan kata lain garapan yang dicipkan khusus untuk instrumen piano. Hal ini dimaksudkan karena pencipta mengangap rasa dan emosi pada bagian ini hanya pencipta sendiri yang bisa merasakan dan meluapkannya, di karenakan permasalahan yang diangkat dalam karya ini adalah kenangan pribadi pencipta sendiri. Terutama pada inti perjalanan cerita ini, hanya pencipta yang tahu dan bisa memahami bagaimana perasaan pencipta saat kehilangan almarhum. Penggambaran musikal bagian ini menggunakan teknik tangga nada diatonik minor, diatonik mayor, kromatik, arpegio serta permainan melodi oktaf rendah dan oktaf  tinggi yang diiringi dengan penekanan-penekanan pada melodi bagian tertentu (aksentuasi/penegasan) yang penuh dengan ekspresi permainan solo piano.
          Garapan komposisi bagian ini terbentuk dari 4 tema utama. Tema I terbentuk sebanyak 36 birama, Tema II  sebanyak 22 birama. Tema III  sebanyak    22 birama dan Tema IV sebanyak 37 birama. Pengolahan Tema I, II, III, dan IV diolah dengan menggunakan teknik melodi permainan oktaf rendah dan oktaf  tinggi pada tangan kanan, menggunakan teknik tangga nada diatonik minor, ornamentasi (nada hiasan) dan tangga nada kromatik. Pada tangan kiri lebih banyak berfungsi sebagai akord pengiring dengan memainkan teknik arpegio dan sesekali bermain melodi yang dimainkan pada tangan kanan. Lihat contoh potongan partitur dibawah ini:






  







 





C. Bentuk III
           Bagian ketiga merupakan bagian akhir dari komposisi musik ini. Disini pencipta memperlihatkan tentang arti dari sebuah ketegaran hati dan diri dalam menerima apa yang telah terjadi. Sesuatu yang telah terjadi tidak perlu disesai lagi,itu semua sudah merupakan kehendak dari Sang Maha Kuasa. Kita sebagai manusia biasa hanya bisa menerima dan menjalani dari apa yang telah diberi-Nya.
       Dalam penggambaran suasana hati yang pencipta rasakan tersebut, pencipta berusaha membuat klimaks bagian tiga (III) komposisi musik ini yang didalamnya terdiri dari 8 (delapan) tema melodi utama. Pada setiap rangkaian melodi yang muncul dalam tema III ini digarap dengan pengolahan motif yang berbeda-beda, Motif Melodi bagian I, bagian II, bagian III, bagian IV, bagian V, bagian VI, bagian VII dan bagian VIII.
      Pada bagian ini semua alat instrumen bermain bersama dengan memainkan melodinya masing-masing yang saling mengisi dari setiap perjalanan melodinya atau istilah musiknya biasa disebut (Filler). Sebagai contoh bisa dilihat pada bentuk dan motif  potongan partitur dibawah ini:
         
Setiap alat instrument sangat berperan penting disini, karena dari setiap perjalanan melodinya saling menutupi antara melodi alat instrument yang satu dengan melodi alat instrument yang lainnya. 
Disinilah pencipta melahirkan tentang bagaimana ketegaran hati itu, menumbuhkan susasna semangat serta menemukan makna dan arti dalam  hidup ini.  Menurut Pencipta, kenangan itu adalah bagian dari memori yang sulit dilupakan (bahkan tidak bisa dilupakan) baik itu kenangan senang maupun kenangan pahit.
 Kenangan adalah bagian dari jalan cerita kehidupan kita yang tidak bisa kita hapuskan begitu saja, yang akan terus mendewasakan kita dalam menyikapi sebuah peristiwa. Kenangan tak akan hilang dari ingatanku, bagaimanapun turut mewarnai kehidupanku, Semoga kenangan itu memacuku untuk lebih baik ke depan”
“Kenangan adalah sesuatu yang sangat berharga untuk kehidupan ini karena Kenangan indah atau buruknya itu adalah suatu pembelajaran hidup yang tidak akan pernah terulang kembali dan menjadi tolakan untuk dapat hidup lebih maju di hari ini, esok dan hari yang akan datang.
           Coda atau ending pada bagian komposisi ini diakhiri dengan permainan solo piano yang dimainkan pencipta. Di bagian ini juga pencipta  melakukan improvisasi melodi dari permainan solo pianonya. Permainan improvisasi solo piano disini merupakan pengembangan dari motif-motif melodi yang sudah ada. Tujuan pencipta melakukan improvisasi di bagian akhir ini merupakan luapan emosional jiwa melalui ekspresi yang akhirnya melahirkan nilai dan rasa empati yang tinggi. Disisi lain, pencipta juga mengartikan tentang bagaimana penggambaran atau cerminan karakter manusia  yang penuh dengan ketidaksempurnaan. 







BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
       “Musik adalah bahasa universaladalah sebuah ungkapan yang sering dilontarkan orang. Mungkin karena alasan lewat musik dengan mudah seseorang dapat menyampaikan perasaan yang dialaminya seperti: perasaan sedih, kegembiraan, keharuan, semangat, kemarahan dan lain sebagainya. Sebagai sebuah sistem musik mampu mewakili suasana, perasaan, bahkan gagasan yang dimiliki oleh setiap seniman musik. Penciptaan komposisi Mengenang Sebuah Kenangan  berangkat dari suatu pengalaman masa lalu, merupakan sebuah curahan perasaan kesedihan, rasa haru yang mendalam serta rasa semangat dan rasa gembira.  
           Di dalam sebuah kenangan banyak sekali tersimpan kenyataan hidup, baik kebahagiaan maupun kesedihan. Namun di dalam sebuah kesedihan dan kepedihan kehidupan kita tersebut, sering kita berusaha untuk melupakannya. Pada dasarnya apapun yang ada dalam kenangan-kenangan masa lampau tersebut, hendaklah kita dapat mengambil hikmah, pelajaran dan arti bagaimana cara kita untuk tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama dalam kehidupan masa lampau.          
Musik yang dipersembahkan ataupun yang diciptakan oleh seorang pencipta musik, tidak selalu mesti sesuai dengan kesukaan orang yang dikenang, namun bagaimana pencipta itu sendiri bisa menikmati musik hingga menimbulkan irama yang bisa mencurahkan segenap perasaan musik tersebut, baik itu klasik, jazz, rock dan musik pop ataupun aliran musik yang lain sebagainya.
         Gagasan karya musik “Mengenang Sebuah Kenangan “ diangkat dari cerita sebuah kisah perjalan hidup pencipta tentang seseorang yang sangat ia sayangi. Menurut pencipta itu semua merupakan memori yang sulit untuk dilupakan, baik itu kenangan manis maupun kenangan pahit bersamanya karena itu semua sangat berarti berat memang untuk kenangan melupakan semua itu, meskipun kenangan itu sendiri pada saat itu dulu tidak berakhir dengan baik seperti apa yang kita harapkan. Semua keindahan, semua kesusahan, semua cerita dan kisah yang mengharu biru seringkali membuat kita tetap terjaga akan kenangan itu.
         Nah, akhirnya dari tulisan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa, musik tidak hanya sekedar bunyi, musik tidak hanya sekedar melodi, musik tidak hanya sekedar irama yang beraturan tetapi musik merupakan hasil dari aktivitas manusia melalui pengolahan bunyi sebagai media ekspresi yang sesuai dengan konteks. 







B.   Saran
Dengan terciptanya karya musik ”Mengenang Sebuah Kenangan” ini, penulis berharap kepada setiap mahasiswa khususnya mahasiswa Sendratasik,  untuk jangan pernah menyerah dalam berkarya seni. Terkadang kita tidak menyadari bahwa apa yang berada disekitar kita itu yang mugkin tidak bermanfaat bagi kita ternyata bisa melahirkan dan menciptakan sebuah ide yang  nantinya ide-ide sederhana itu akan melahirkan sebuah bentuk karya seni yang mungkin bisa diakui dimata dunia. 
Kalau kita berbicara masalah seni, seni itu “luas”, seni itu “tanpa batas”, dan seni itu “penuh dengan sejuta imajinasi”, namun itu semua tergantung kepada setiap kacamata individual manusia yang  menyikapi dan mengartikannya. 
Kalau menurut pencipta, manusia tanpa nilai-nilai seni ibarat sebuah pohon yang tanpa dihiasi hijaunya dedaunan atau dengan kata lain pohon yang gersang tanpa daun, begitulah penafsiran pencipta terhadap nilai seni.
Mudah-mudahan dengan banyaknya mahasiswa yang berkarya, pihak jurusan Sendratasik  khususnya dan lembaga Universitas Negeri Padang untuk bisa memikirkan ke depan bahwasanya sarana dan media baik praktek maupun teori sangatlah berperan penting terhadap kualitas (SDM) mahasiswanya sampai Kualitas  Jurusan Sendratasik dan Perguruan Tinggi Universitas Negeri Padang.     
Kita semua menyadari  akan pentingnya  pengetahuan dan pengalaman  yang baru agar kita semua tidak tertinggal dengan  pesatnya perkembangan dan kemajuan  zaman (IPTEK) di masa sekarang yang mau tidak mau harus kita hadapi. 



























Tidak ada komentar: